June 14, 2019

Manfaat National Payment Gateway Yang Perlu Anda Ketahui

Manfaat National Payment Gateway Yang Perlu Anda Ketahui

Implementasi national payment gateway berpotensi mengefisiensikan biaya transaksi yang dinilai cukup besar. Karena adanya penurunan transaksi Merchant Discount Rate  atau MDR pada setiap transaksi. Sebenarnya apa yang dimaksud dengan NPG itu? Dan apakah Indonesia telah membutuhkan NPG? Lalu seperti apa apa keuntungan penggunaan NPG sendiri?

NPG atau National Payment Gateway merupakan solusi bagi sistem pembayaran di Indonesia. Saat ini bank Indonesia selaku bank sentral mengembangkan sistem pembayaran non tunai yang dipakai khusus di Indonesia. Sistem ini dikenal dengan NPG. Sistem pembayaran NPG sendiri sangat membantu masyarakat untuk melakukan transaksi non tunai. Seperti kartu kredit, pembayaran lewat ATM atau debit, dan juga uang elektronik.

Sistem Pembayaran National Payment Gateway

Dengan adanya sistem dari NPG saat ini, maka data pembayaran non tunai baik dari kartu kredit maupun kartu debit diproses di luar negeri dan kembali ke dalam negeri ketika penagihan. Sistem pembayaran ini bisa lebih efisien bila Indonesia mempunyai perusahaan atau badan yang menjadi perantara. Karena selama ini ada perusahaan asing yang membantu seperti Mastercard dan Visa.

Bank Indonesia sendiri sudah membahas sistem pembayaran nasional sejak 2009 lalu dan sendiri sudah diimplementasikan pada juli 2017. Dengan sistem NPG ini bisa memungkinkan transaksi pembayaran non tunai bisa diproses di dalam negeri. Dalam hal ini Bank Indonesia akan menggandeng 4 bank untuk mengembangkan gerbang pembayaran nasional. Keempat bank tersebut adalah mereka yang mewakili 75% dari transaksi debit nasional. Diantaranya adalah PT. Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI), PT. Bank Negara Indonesia Tbk (BNI), Bank Mandiri dan PT. Bank Central Asia Tbk (BCA).

Keempat bank yang ditunjuk tadi kedepannya bertindak sebagai acquirer. Ini artinya keempat bank ini bisa melakukan kerjasama dengan para pedagang guna memproses transaksi uang elektronik yang telah diterbitkan.

Manfaat National Payment Gateway

Manfaat National Payment Gateway

Sebenarnya apa manfaat yang bisa kita rasakan saat negara kita memiliki Gerbang Pembayaran Nasional? Sebenarnya jika kita merujuk kepada menteri Badan Usaha Milik Negara, maka negara Indonesia perlu mempunyai payment gateway dengan penjelasan sebagai berikut:

Kedaulatan dalam sistem pembayaran negara Indonesia. Dengan adanya payment gateway maka bisa melakukan kontrol transaksi domestik. Terlebih khusus pada Alat Pembayaran Menggunakan Kartu atau yang disebut dengan APMK domestik.

Akan semakin berkurangnya ketergantungan pada pihak principal. Tercapainya penghematan devisa negara sebab dikarenakan fee transaksi domestik bisa didapatkan dan dinikmati pihak-pihak domestik yakni national principal. Terjadinya peningkatan efisiensi di dalam pembayaran nasional. Sebab nantinya akan ada pelaksanaan sharing antara pihak yang terkait dengan sistem pembayaran yang ada di dalamnya. Dengan adanya payment gateway bisa meningkatkan efisiensi transaksi perbankan serta tercapainya kedaulatan sistem pembangunan nasional.

Dengan menerapkan gerbang pembayaran nasional, maka data transaksi masyarakat bisa disimpan secara aman oleh lembaga nasional yang infrastrukturnya sepenuhnya berada di Indonesia. Salah satu syarat untuk menjadi lembaga switching minimal 80% kepemilikan saham dimiliki Warga Negara Indonesia atau badan hukum Indonesia.

Kesimpulan

Kesimpulannya adalah sistem pembayaran dengan menggunakan national payment gateway akan lebih memudahkan proses transaksi dalam berbagai macam bisnis yang ada di Indonesia. Baik itu bisnis online maupun offline. Saat ini sudah ada cukup banyak perusahaan yang menawarkan berbagai layanan online.  Ada cukup banyak perusahaan yang telah menawarkan layanan berupa online payment gateway. Perusahaan tersebut juga memiliki keamanan yang sudah terjamin karena didukung berbagai macam lembaga keuangan yang terpercaya.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *