June 13, 2019

6 Komponen Sistem Pembayaran Yang Perlu Anda Ketahui

6 Komponen Sistem Pembayaran Yang Perlu Anda Ketahui

Kita tahu bahwa pembayaran adalah salah satu aktivitas yang penting di dalam transaksi kegiatan ekonomi. Sebab perkembangan teknologi yang semakin hari semakin pesat membuat semakin banyak dan semakin besar nilai transaksi dan juga resikonya. Dengan demikian, diperlukan sistem pembayaran serta alat pembayaran yang cepat, lancar dan aman. Dalam sistem pembayaran sendiri terdapat beberapa komponen sistem pembayaran yang harus ada.

Sebaiknya jika pembayaran gagal atau tidak lancar, maka hal ini bisa memberikan dampak yang tidak baik terhadap kestabilan perekonomian. Kehidupan di zaman yang sudah menerapkan teknologi maju seperti sekarang ini, ada banyak kemudahan yang ditawarkan pihak penjual. Bukan hanya menjual barang secara langsung di pasar atau di toko, tetapi sekarang sudah banyak sekali penjual online lewat internet yang menawarkan barang dan jasa mereka. Untuk itu, diperlukan komponen sistem pembayaran di dalam memperlancar mekanisme dari sistem pembayaran tersebut.

6 Komponen Sistem Pembayaran

Sistem pembayaran adalah satu kesatuan utuh dari seperangkat aturan lembaga. Mekanisme dalam melaksanakan pemindahan dana untuk memenuhi kebutuhan ekonomi negara. Sebagai sebuah sistem, maka sistem pembayaran terdiri dari berbagai macam komponen yang mencakup seperti dibawah ini.

1. Kebijakan

Dalam sebuah sistem pembayaran kebijakan memberikan dasar untuk pengembangan sistem pembayaran dalam sebuah negara. Umumnya kebijakan tercermin dalam berbagai macam aturan serta ketentuan yang ditetapkan oleh pihak bank sentral dari masing-masing negara. Hal ini disebabkan adanya keterkaitan yang sangat erat antara kebijakan di dalam sistem pembayaran dan juga sistem moneter, serta sistem perbankan sebuah negara.

2. Kelembagaan

Ada berbagai macam lembaga yang secara langsung ataupun tidak ikut berperan di dalam penyelenggaraan sistem pembayaran yang mempunyai tanggung jawab dan peran yang berbeda. Berbagai macam kelembagaan sistem pembayaran Indonesia memiliki peran masing-masing.

Seperti bank sentral yang berperan sebagai regulator, operator dan juga pengguna. Depkominfo dan lain sebagainya yang berperan dalam peraturan lain seperti licensing of certain payment provider. Lembaga perbankan yang memiliki peran sebagai anggota sistem pembayaran dan operatornya. dan masih banyak lagi yang lainnya.

3. Alat Pembayaran

Ini merupakan instrumen pembayaran non tunai yang dipakai sebagai media pembayaran. Baik berupa cash based dan paper-based yang mempunyai karakteristik yang berbeda. Di dalamnya ada hak dan kewajiban keuangan untuk pelaku yang bertransaksi.

4. Mekanisme Operasional

Ini berguna untuk melakukan perpindahan dana dari pihak yang satu ke pihak lain dan diperlukan dalam sistem pembayaran non tunai. Dengan adanya mekanisme operasional akan menjamin lancarnya keamanan perpindahan dana. Juga kepastian penerimaan dana dari pihak penerima, misalnya kliring, transfer dana Real Time Gross Settlement dan lain sebagainya.

5. Infrastruktur

Komponen teknis ini yang meliputi komponen yang dibutuhkan dalam memproses dan melakukan kegiatan perpindahan dana standar. Seperti message format, komunikasi, sistem jaringan komputer, perangkat keras dan lunak, disaster recovery plan, sistem backup dan lain sebagainya. Pilihan infrastruktur sangat membantu kelancaran penyelenggaraan dari sistem pembayaran dan tergantung dalam kebutuhan dan kebijakan masing-masing negara.

6. Perangkat Hukum

Dalam sistem pembayaran perangkat hukum mencakup undang-undang dan juga peraturan yang berkaitan. Termasuk aturan main dari berbagai pihak yang ikut terlibat. Peran dari perangkat hukum ini begitu penting untuk menjamin aspek legalitas di dalam proses penyelenggaraan sistem pembayaran. Dengan adanya 6 komponen sistem pembayaran yang ada di Indonesia ini, tentunya akan semakin mendukung kelancaran sistem pembayaran. Sehingga ikut pula mendukung kelancaran ekonomi yang berjalan di negara ini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *